Sekilas Perpustakaan

Sejarah Singkat

UPT. Perpustakaan universitas pattimura ambon sebagai unit penunjang layanan informasi kepada seluruh citivitas akademik unpatti, merupakan sebuah perpustakaan perguruan tinggi sangat erat kaitannya dengan berdirinya perguruan tinggi. Universitas pattimura mulai didirikan atas prakarsa beberapa tokoh yaitu DR. J. B. Sitanala (alm). Untuk mewujudkan cita-cita luhur itu, dibentuk yayasan perguruan tinggi Maluku dan irian barat pada tanggal 20 juli 1954, yang diketuai oleh F.H. Pupela (alm). Yayasan ini tersu berkembang. Dalam perjalanan dari tahun 1958 sampai tahun 1962, universitas pattimura masih berstatus swasta dan belum mempunyai perpustakaan. Maka untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran, dibangun kerjasama antara tokoh masyarakat yang dengan sukacita menyumbangkan buku-buku pribadi sehingga menjadi sebuah koleksi kecil. Sehingga koleksi bahan pustaka bertambah, hingga memungkinkan untuk membangun sebuah perpustakaan. Pada tahun 1958, perpustakaan universitas pattimura diresmikan pendirinya dan pada tahun 1963 universitas pattimura dialihkan statusnya dari universitas swasta menjadi universitas negeri dengan surat keputusan presiden RI No. 66 Tahun 1963 dengan demikian secara otomatis perpustakaan universitas pattimura resmi menjadi perpustakaan negeri pada tahun 1963.

Pimpinan Perpustakaan dari tahun ke tahun

Tahun 1962 – 1964 : Dra. M. Polnaya
Tahun 1964 – 1969 : Drs. O. Kastanya
Tahun 1969 – 1972 : Nn. D. Usmany
Tahun 1972 – 1973 : Drs. J. J. Wenno
Tahun 1973 – 1979 : Dra. Ny. C. C. Seumahu
Tahun 1979 – 1999 : Ali Zawawi, SH.
Tahun 1999 – 2002 : Ny. A. Souissa, S.Sos.
Tahun 2002 – 2010 : Christian Porsisa, S.Sos.
Tahun 2010 – sekarang : Ny. Leonora Picauly, S.Sos.

Visi

Menjadi perpustakaan sumber informasi dunia, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, yang kompetitif yang berbasis teknologi

Misi

  • MeningkatkanĀ kualitas pelayanan perpustakaan
  • Meningkatkan SDM pengelola perpustakaan
  • Penguatan infrastruktur perpustakaan
  • Membangun perpustakaan digital terotomasi
  • Meningkatkan tata kelola organisasi dan pencitraan public

Tujuan

Memberikan layanan kepada pemustaka civitas akademik universitas pattimura, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk menunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kebudayaan bangsa.

Sasaran

Terwujudnya masyarakat akademika perguruan tinggi universitas pattimura yang berkualitas memiliki wawasan dan pengetahuan serta berbudaya.